RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN & KONSELING |
A.
Judul spesifikasi layanan
|
:
|
Cita-cita
|
B.
Sub tugas Perkembangan
|
:
|
Memahami potensi diri
Mengenali bakat dan minat yang di miliki
|
C.
Bidang bimbingan /
pengembangan
|
:
|
Pribadi dan Karir
|
D.
Jenis layanan
|
:
|
Informasi dan Orientasi
|
E.
Fungsi layanan
|
:
|
Pemahaman
|
F.
Rumusan Kompetensi
|
:
|
Mampu memahami potensi diri, bakat dan minat
berkaitan dengan cita-cita yang ingin dicapai
|
G.
Tujuan layanan
H.
Karakter yang Diinginkan
|
:
:
|
Siswa mampu menentukan cita-citanya secara
bertanggung jawab
Bertanggung jawab dan Kompeten
|
I.
Sasaran layanan
|
:
|
Siswa kelas VII A – VII E
|
J.
Materi layanan
|
:
|
·
Pertemuan I + II
1.
Menentukan
cita-cita
|
K.
Rencana Kegiatan
|
:
|
|
1.
Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
2.
Semester
|
:
|
Genap Tahun Pelajaran
2015 – 20146
|
3.
Tempat
|
:
|
Ruang kelas VII
|
4.
Metode
|
:
|
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
|
5.
Pihak – pihak yang disertakan
|
:
|
Orang sukses
|
6. Alat dan perlengkapan yang diperlukan
|
:
|
·
Buku materi layanan BK
·
Media Layanan BK
·
Audio visual
|
L.
Rencana Penilaian
|
:
|
Laiseg (melihat antusiasme siswa saat mengikuti
pelajaran)
Laijapan (Memantau perilaku siswa supaya siswa dapat menentukan cita-citanya)
|
M. Keterkaitan dengan pelayanan konseling /
kegiatan pendukung yang lain
|
:
|
1. Dengan layanan penguasaan konten, akan
ditindaklanjuti dengan menyampaikan konseling pribadi
2. Jika ada siswa yang mengalami hambatan
dalam layanan ini akan dibantu menuntaskannya dengan layanan bimbingan
kelompok
3. kegiatan pendukung yang menyertai
layanan ini adalah : aplikasi instrumentasi dan himpunan data
|
N.
Tindak lanjut
|
:
|
Kegiatan layanan
ini ditidak lanjuti dengan melakukan pengamatan terhadap sikap dan tingkah
laku siswa sehari – hari dan memberikan layanan konsultasi
|
O.
Catatan khusus
|
||
Bagi siswa yang tidak hadir dalam layanan ini, akan diberi layanan
informasi tersendiri dan diharapkan siswa dapat menentukan cita-citanya dan bertanggung jawab
terhadap arah pilihnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar